Rabu, 13 Februari 2013

Hasil Karya Animasi Blender [Contest Close-Up]

Ini merupakan salah satu hasil karya dari program animasi Blender saya. Karya ini saya ikutkan dalam contest animasi eyeka yang pada saat itu brandingnya adalah salah satu produk pasta gigi yang terkenal (Close-Up). Contest yang diikuti oleh berbagai animator tingkat internasional ini merupakan contest animasi pertama saya dan contest tingkat internasional yang pertama kali saya ikuti.  Meskipun hasil akhir pengumuman contest tidak mencantumkan nama saya di posisi 1,2 dan 3 tapi saya cukup bangga bisa membuat animasi ini. Karya ini juga merupakan hasil animasi pertama saya yang saya buat dengan software blender.

Total proses pembuatan animasi ini membutuhkan waktu kurang  lebih 3 minggu. Pembuatannya  dimulai dari pengumpulan bahan sampai H-1 tanggal dead line contest. Untuk eksekusi modelingnya sendiri cuma membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Sedangkan visual effect pembuatan air sampai mendekati bentuk asli air membutuhkan waktu sekitar 2 hari. Yang paling lama dalam penggarapan animasi ini adalah pencarian bahan-bahan dan packing final render ke avi.

Pembuatan animasi ini tentunya tidak akan selesai kalau hanya saya kerjakan sendiri. Beberapa dukungan juga membantu terselesainya animasi saya. Dukungan yang paling besar datang dari kedua orang tua yang selalu memberikan semangan doa dan nasehat, terima kasih bapak ibu. Selain itu, terimakasih juga  harus saya sampaikan kepada Tito Firmansyah dan Febri (murid saya di SD) yang membantu dalam modeling  UV Wrapping terutama dalam penyiapan skin duplikat Close Up. Beberapa fiture untuk kelengkapan contest ini juga didapat dari mbah Google yang senantiasa melimpahkan waktunya 24 non-stop buat saya. Kapanpun dan dimanapun. Oy masih ada lagi..penyedia Wifi gratis buat urusan On Line data-data ini (MTs Ma'arif Sukosari). Kalau mau ditulis semua masih banyak pihak-pihak yang ikut berperan dalam pembuatan animasi ini.

Mungkin cuma itu saja yang bisa diutarakan. semoga contoh animasi ini bisa memberikan inspirasi buat pembaca, terutama kreator-kreator 3D dan teman-teman yang tertarik dengan animasi 3D.

0 komentar:

Posting Komentar