Jumat, 01 Februari 2013

Mengubah tampilan template pada blogger

2013
LANGKAH MUDAH MENGUBAH TAMPILAN TEMPLATE PADA BLOGSPOT/BLOGGER



Membuat blog menggunakan tampilan standar dari blogger mungkin kurang menarik, apalagi tampilan templatenya cuma itu-itu saja. Untuk blogger pemula jangan kwatir ini ada cara bagaimana mengganti tampilan template pada bloggermu.
Langkah-langkah merubah tampilan template blogger :
1.       Mencari template
Sebelum merubah template asli dari blogger, tentunya kamu harus menyiapkan template yang akan kamu pasang terlebih dahulu. Sudah banyak situs-situs yang memberikan template secara gratis dan tampilan bagus. Ada juga yang premium atau berbayar, tentunya dengan keunggulan-keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk pemula disarankan menggunkan yang free saja alias gratis. Berikut ini beberapa alamat penyedia template blogger yang memberikan beberapa template dengan tampilan menarik dan gratis.
www.deluxetemplates.net/
Blogger Templates 
www.zoomtemplate.com/
Blogger Templates
btemplates.com/
Blogger Templates - Free Blogspot Templates
blogtemplate4u.com/ 
Nah tinggal download deh disitu.

2.       Memasang template
Setelah download template tentunya kamu harus memasangnya agar tampilan blogmu bisa berubah. Sebagai contoh template yang saya ganti ini adalah Angry Bird Space yang saya download di www.btemplates.com
a.       Extract file yang telah kamu download. Pilih ectract here aja

b.      Masuk ke folder hasil ectraxt tadi dan cari file yang berbentuk xml. Untuk yang belum pernah lihat file xml seperti di bawah ini gambarnya.

c.       Setelah ketemu file dengan format extensi xml, buka file tersebut dengan program pengolah kata. Untuk yang ringan saja pakai program notepad dari windows. Cara yang lebih cepat gunakan klik kanan-> open with seperti di bawah ini




d.      Kalau sudah tebuka notepadnya, block semua isi dari notepad itu atau bisa pilih ctrl+A (All selection) kemudian copy (ctrl+C)

e.      Sekarang waktunya buka blogger kamu dan pilih blog yang akan kamu ganti templatenya.

f.        Kalau sudah masuk pada dashboard, klik template pada bagian kiri seperti yang dilingkari warna merah ini

g.       Jika ingin merubah template dari pilihan yang disediakan oleh blogger.com tinggal pilih template yang ada di bawah. Untuk yang saya contohkan ini adalah template yang di download dari situs lain. Klik edit html

h.      Hapus semua isi rumus yang ada di dalam tampian edit HTML.cara cepat untuk menghapus pilih semua dengan ctrl+A dan tekan delete. Kemudian masukkan copy-an dari xml yang dibuka pada program notepad tadi dengan paste (ctrl+V) sebagai pengganti rumus html yang telah dihapus.

i.         Ada empat pilihan tombol pada bagian bawah edit html. Untuk menyimpan template ini pilih simpan template, untuk melihat dulu atau meninjau template yang baru dipasang pilih pratinjau. Jika sudah merasa yakin langsung klik simpan template maka nanti akan muncul pilihan dibawah ini :

j.        Pilih pertahankan widget
k.       Sekarang template blogger kamu sudah disimpan. Klik tutup untuk menutup tampilan edit html seperti gambar pada bagian submenu (h)

3.       Finishing
Sekarang tinggal lihat hasil template yang kamu ganti tadi dengan klik lihat blog. Ini adalah contoh template blog yang sudah saya ganti dari tampilan template yang disediakan blogger menjadi Angry Bird Space dari www.btemplates.com
Sebelum

Sesudah


Semoga Bermanfaat
SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Posting Komentar